Tidak Mau Seperti Dinda yang Suka Marah? Begini Cara Anda Agar Tidak Mudah Marah

  • Bagikan
agar tidak mudah marah-santriz.com

Berdasarkan kenyataan, lebih dari lima dari sepuluh wanita selalu mengedepankan perasaannya. Hal tersebut tidak terjadi pada 10 lelaki, dimana hanya tiga orang dari mereka yang terlalu membawa perasaan ke dalam segala urusannya. Akibatnya, banyak wanita yang jika terlalu membawa perasaan (baper, red) mudah sekali marah. Tetapi, disisi lain itu adalah keluhan yang dialami oleh wanita itu sendiri. Ternyata masih banyak yang ingin mengendalikan diri agar tidak mudah marah.

Baca juga: Penentu Masa Depan! Menjadi Wanita Muslimah Berperan Bukan Baperan

Sama halnya dengan cinta, marah adalah sifat alami yang dimiliki oleh manusia. Amarah tidak akan bisa kita hindari, karena itu merupakan fitrah setiap manusia. Tetapi, selalu ada cara agar kita tidak gampang marah, dan cara ini telah direkomendasikan oleh Rasulullah SAW. Berikut caranya!

Duduk

Cara yang sangat sederhana ini ternyata sangat ampuh meredakan amarah yang sedang meledak. Terlebih bila Anda marah dalam keadaan berdiri. Maka sebagaimana hadis Rasulullah SAW, “Apabila kalian marah, dan dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad)

Rebah

Tidak hanya bagi orang yang sedang mager alias malas gerak, ternyata rebahan juga merupakan cara ampuh menangkal amarah yang sedang meluap-luap. Seperti keterangan dalam hadis di atas, bahwa jika Anda belum berhasil mengatasi marah dengan cara duduk, maka rehatkanlah badan Anda. Rebahlah sehingga Anda benar-benar sadar sedang menahan emosi. Cara ini juga dilakukan bila Anda juga sedang marah dalam keadaan duduk.

Berwudhu

Siapa yang ingin wajah glowing alami? Berwudhu adalah salah satu cara bikin wajah kita bercahaya. Semakin kita membasahi wajah kita dengan air, semakin putih pula kulit wajah kita. Tetapi, Selain low budget dan simpel, wudhu juga dapat meredakan api amarah yang muncul dalam diri kita. Segeralah berwudhu jika telah sadar bahwa percikan amarah akan muncul. Hal itu pas banget dengan hadis Rasulullah SAW,

“Sesungguhnya amarah itu dari setan, sedangkan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah, hendaknya segera berwudhu’.” (HR. Ahmad)

Membaca Ta’awwudz

Kalimat Ta’awwudz ialah A’ûdzubillâhi min Asy-Syaithâni ar-Rajîm. Sama seperti kata Rasulullah SAW, bahwa marah berasal dari setan, jadi kita membaca Ta’awwudz dengan tujuan supaya aman dari setan dkk. Selain itu, Rasulullah juga pernah bersabda begini,

“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A-‘uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Teruntuk para wanita muslimah, jangan terlalu mengedepankan perasaan. Sekali lagi, perasaan akan berujung pada amarah yang abnormal. Jadi, tips ini dapat membantu Anda bila sudah terlanjur marah. Bila belum, bisa jadi Anda mulai bisa mengontrol perasaan sehingga tidak gampang marah.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *