Orang Terkaya ke-3 Dunia! Elon Musk, Biografi dan Perjalanannya Sebagai Pendiri Tesla.

  • Bagikan
Elon Musk biografi-santriz.com
Elon Musk biografi-santriz.com

Mungkin nama Elon Musk sudah tidak asing lagi bagi Anda, tetapi Anda pasti sudah banyak mendengar tentang PayPal, bukan? Elon Musk menjadi tokoh utama di balik sistem pembayaran internasional, dia adalah pendiri PayPal. Selain itu, Elon Musk adalah CEO SpaceX dan Tesla Motors. Elon Musk tercatat sebagai orang terkaya ke-3 di dunia pada 2021 dan menjadi orang ke-21 dalam daftar orang paling berpengaruh di dunia versi majalah Forbes pada Desember 2016. Lebih lanjut adalah perjalanan Elon Musk, biografi beserta karirnya.

Latar Belakang dan Pendidikan Keluarga

Elon Musk lahir pada tanggal 28 Juni 1971. Ibunya orang Kanada dan ayahnya orang Afrika Selatan. Dia sudah tertarik membaca dan belajar banyak hal sejak kecil. Elon memiliki dua adik, Kimbal lahir pada tahun 1972 dan Tosca lahir pada tahun 1974. Setelah orang tuanya bercerai, Elon tinggal bersama ayahnya di Pretoria sampai ia lulus dari SMA Pretoria dan kemudian pindah ke Kanada untuk menghindari wajib militer. Afrika Selatan.

Baca juga: Kaya Mah Bebas! Inilah Alasan Orang Ingin Kaya

Selanjutnya, Elon menyelesaikan studinya di Wharton School of University of Pennsylvania dan menerima dua gelar sarjana di bidang ekonomi dan fisika. Elon adalah seorang mahasiswa pascasarjana dalam fisika terapan di Universitas Stanford, tetapi pergi setelah dua hari untuk mengejar mimpinya menjadi seorang pengusaha. Elon Musk tertarik pada tiga bidang yang menurutnya penting bagi dunia, yaitu Internet, energi bersih, dan luar angkasa.

Perjalanan Karir dan Bisnis

Berdasarkan minat ini, Elon Musk perlahan tapi tegas membangun bisnis dan kariernya sendiri. Elon fokus pada bidang keahliannya, seperti teknologi, fisika, dan ekonomi, sambil fokus pada minatnya sendiri. Berikut perjalanan karir dan bisnis Elon Musk:

Blastar, Penemuan Komersial Pertama

Bakat wirausaha Elon sudah terlihat sejak ia masih kecil, dan ia berhasil membuat penemuan bernilai komersial saat ia berusia 12 tahun. Sejak usia 10 tahun, Elon tertarik dengan teknik komputer dan belajar sendiri. Kemudian Elon belajar teknik pemrograman, dan akhirnya berhasil menulis kode komputer untuk sebuah game bernama Blastar. Penemuan itu kemudian dijual ke majalah komputer, dan Elon menerima $500 dari penjualan tersebut.

  • Zip2, Perusahaan Pertama yang Didirikan

Perusahaan pertama yang didirikan Elon Muks adalah Zip2, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang software jaringan. Elon mendirikan Zip2 bersama adiknya Kimbal, dengan tujuan menerbitkan panduan kota berbasis Internet untuk industri penerbitan surat kabar. Perusahaan telah berhasil menjalin kerjasama dengan surat kabar ternama yaitu New York Times dan Chicago Tribune. Pada tahun 1999, Zip2 diakuisisi oleh Compaq, dan Elon memperoleh 7% dari penjualan, senilai $22 juta.

X.com, Pelopor PayPal

Dengan hasil penjualan Zip2, Elon kemudian mendirikan perusahaan lain, namun di bidang yang berbeda, yaitu X.com, sebuah perusahaan jasa keuangan berbasis internet. Perusahaan ini didirikan pada Maret 1999 dan mulai meluncurkan layanan kartu dan rekening Internet pada Desember 1999. X.com kemudian mengakuisisi Confinity, sebuah perusahaan yang berfokus pada penyediaan layanan pengiriman uang melalui program yang disebut PayPal.

Pada Oktober 2000, Elon memfokuskan perusahaannya pada layanan pengiriman uang dan mengubah nama perusahaan menjadi PayPal. PayPal kemudian dengan cepat berkembang ke tingkat internasional, pada tahun 2001 digunakan sebagai sistem pembayaran oleh eBay. Perusahaan ini kemudian menjadi perusahaan publik dan diakuisisi oleh eBay pada tahun 2002. Elon memiliki 11,5% saham senilai US$165 juta.

SpaceX, Bekerja Keras Untuk Melindungi Manusia

Setelah menerbitkan PayPay ke eBay, Elon kemudian mendirikan perusahaan yang berfokus pada pengembangan teknologi luar angkasa dan luar angkasa. Perusahaan bernama Space Exploration Technologies, SpaceX, didirikan pada Juni 2002, dan Elon masih menjabat sebagai CEO.

Tesla, SolarCity, Hyperloop; Upaya Mengatasi Pemanasan Global

Perjalanan Elon Musk, biografi dan karirnya berlanjut pada Penemuan dan ide bisnisnya tidak hanya terkait dengan keuntungan komersial, tetapi juga terkait dengan kesejahteraan umat manusia dan seluruh planet. Tesla Motors didirikan oleh Elon, yang kemudian menciptakan Tesla Roadster, mobil listrik pertama di dunia, dengan penjualan hingga 2.500 unit di 31 negara. Elon juga mempromosikan produksi mobil ultra-kecil berbiaya rendah dan menjual komponen powertrain ke pembuat mobil lain sehingga mereka dapat memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau.

Selain itu, Elon juga mengajukan konsep awal SolarCity yang merupakan perusahaan solar terbesar di Amerika Serikat. Pada 2012, SolarCity dan Tesla Motors bekerja sama menggunakan baterai kendaraan listrik untuk mengurangi dampak panel surya pada sistem kelistrikan yang ada. Pada tahun 2013, Elon meluncurkan rencana metode transportasi baru menggunakan energi matahari yang disebut Hyperloop.

Karena itu, demikian perjalanan Elon Musk biografi beserta karirnya. Banyak hal positif yang bisa dipetik dari kehidupan Elon Musk, terutama kontribusinya yang besar bagi kemajuan dunia dan umat manusia secara keseluruhan. Hal ini mengingatkan kita untuk bekerja keras memberikan kontribusi kepada orang-orang di sekitar kita, tidak hanya mementingkan kepentingan pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *