Download Logo dan Tema Hari Santri 2021 dari Berbagai Versi

  • Bagikan
download logo hari santri 2021
download logo hari santri 2021

Logo dan Tema Hari Santri 2021 telah resmi dirilis. Baik pihak Kementerian Agama RI, maupun PBNU telah sama-sama kompak merilis logo pada peringatan Hari Santri 2021 yang bertepatan pada tanggal 22 Oktober itu. Bagi yang ingin tahu dan men download logo dan tema Hari Santri 2021, Anda tidak perlu khawatir lagi. Disini kami telah menyediakan link download di bawah.

Arti Logo dan Tema versi Kemenag

Sebagaimana informasi yang beredar, logo dan tema Hari Santri 2021 telah resmi dirilis langsung oleh Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas pada selasa (21/09) lalu. Dengan desain logo dan tema yang sarat sekali dengan kehidupan santri tersebut, pria yang akrab disapa Gusmen tersebut menceritakan sempat berdiskusi perihal tema sampai tengah malam (Rabu, 22/09, kemenag.go.id).

Berikut beberapa rangkuman filosofi logo Hari Santri 2021.

  1. Logo menggambarkan orang sedang shalat. Menandakan bahwa para santri senantiasa berserah diri kepada Allah SWT sebagai puncak dari kekuatan jiwa dan raga. Selain itu, logo juga menggambarkan posisi orang yang sedang sujud, sebagai simbol bentuk ikhtiar dan ketulusan agar pandemi segera berlalu.
  2. Logo menggambarkan dua orang saling menangkupkan tangan, yang berarti kebersamaan. Santri merupakan kaum yang selalu berkolaborasi dan bersama baik suka maupun duka.
  3. Logo sebagai simbol semangat. Filosofinya adalah keyakinan seorang santri bahwa dengan bersemangat dan kerja keras, semua hal akan mudah tercapai
  4. Logo simbol berbagi. Menandakan bahwa para santri berbagi untuk sesama dan berbagi untuk Indonesia.
  5. Warna ‘semangat’. Warna-warni pada logo Hari Santri 2021 kali ini menandakan luapan semangat dan kolaborasi santri dalam mengabdi untuk negeri dan ilahi.
  6. Dua huruf Hijaiyah. Ada dua huruf hijaiyah yang disisipkan dalam logo hari santri kali ini, yaitu ‘dza’ yang berarti cerdas dalam bait kedua nadhom Alala bait kedua. Dan huruf ‘jim’ yang diambil dari peribahasa ‘Man Jadda Wajada’.

Download logo Hari Santri 2021 versi Kementrian Agama RI disini!

Sedangkan tema Hari Santri Nasional 2021 adalah Santri Siaga Jiwa Raga. Tema tersebut sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian dunia. Siaga jiwa raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman dan tempaan santri selama berada di pesantren.

Baca juga: Gratis! Download Twibbon Hari Santri 2021 Disini!

Siaga jiwa adalah santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam Rahmatan lil-‘Âlamîn serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Sedangkan Siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk bangsa Indonesia. Terlebih, tema ‘Santri Siaga Jiwa Raga’ ini menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19 demi tidak lengah dan selalu menjaga 5M+1D.

Logo dan Tema Versi Nahdlatul Ulama

Tidak ketinggalan juga, Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama juga merilis logo Hari Santri 2021. Logo yang berbentuk tetesan air tersebut merupakan hasil sayembara yang diadakan oleh RMI PBNU. Terkait filosofi logo, sebagaimana menurut Ketua RMI PBNU, KH. Abdul Ghaffar Rozin, Air menandakan sumber kehidupan. Logo tersebut menegaskan santri dan pesantren terus memberikan kesejukan dan kesegaran bagi kehidupan berbangsa dan bernegara melalui mainstreaming Islam Rahmatan lil-‘Âlamîn.

Air yang menetes sebagaimana pada gambar logo melambangkan bahwa santri berperan sebagai sumber insipirasi sekaligus salah satu sumber kehidupan bagi bangsa. Lalu di bawah logo terdapat tiga tagline, Bertumbuh Berdaya dan Berkarya.

Sebagaimana penuturan sosok yang akrab disapa Gur Rozin tersebut, bahwa tema tersebut melambangkan karakteristik dan nilai pesantren yang terus bertumbuh sejak 1.400 Masehi. Hal tersebut mengartikan bahwa pesantren terus tumbuh dalam segi mempengaruhi sejarah peradaban.

Selain itu, pesantren juga berdaya dalam nilai, tradisi, tata kelola, politik dan ekonomi. Itu karena pesantren bertugas memberdayakan masyarakat lingkungan pesantren sehingga pada akhirnya juga dapat memberdayakan bangsa Indonesia.

Pesantren dan santri sangat berperan penting dalam lahirnya karya kitab-kitab baru yang dikarang oleh komunitas pesantren, kiai dan santri. Berawal dari situ, mulai sekarang santri juga harus terus didorong untuk berkarya dalam bidang ekonomi, teknologi dan hal lain.

Download logo Hari Santri 2021 versi NU disini!

Sebagai tambahan, logo Hari Santri 2021 oleh RMI tersebut merupakan buah karya dari seorang santri asal Ciamis yang bernama Ahmad Muhajirin. Ia berhasil memenangkan sayembara yang diadakan oleh RMI beberapa waktu lalu.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *