Cara Membuat Barcode WhatsApp Custom

  • Bagikan
Membuat Barcode Wa-santriz.com
Membuat Barcode Wa-santriz.com

Bagaimana cara membuat barcode WhatsApp sendiri? Barcode yang sering muncul di poster-poster acara, ketika kita scan langsung ke chat panitia. Hal seperti itu? Mudah. Ikuti tutorialnya di bawah ini.

Barcode WhatsApp yang kami maksud dalam artikel ini bukanlah barcode yang biasa Anda temui saat masuk ke halaman web WhatsApp. Ini berbeda.

Barcode yang akan kami jelaskan adalah custom barcode yang biasa digunakan oleh produsen event atau seminar untuk mempermudah proses pendaftaran.

Oleh karena itu, bagi peminat acara hanya perlu scan barcode yang ada di poster, dan otomatis akan terhubung ke WA panitia.

Contohnya seperti ini…

Contoh barcode WhatsApp kustom

Saat Anda memindai barcode di poster, Anda akan secara otomatis terhubung ke panitia pendaftaran.

Selain pendaftaran, fungsi barcode WhatsApp juga mungkin berbeda. Itu tergantung pada apa yang ingin Anda gunakan. Entah itu diskon toko online, bisnis jual atau sewa atau bahkan bisa disematkan di kartu nama Anda. Intinya, Anda bisa membuat barcode WhatsApp sendiri atau secara kostum.

Oke langsung saja kita ke caranya, yuk!

1. Persiapan: Buat Link WA

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah tautan WhatsApp, setelah mengklik tautan, obrolan akan langsung dimulai. Cara membuatnya sangat simple dan mudah.

Salin https://wa.me/nomor anda.

Isi “nomor Anda” dengan nomor yang akan Anda gunakan untuk tautan WA, dan ganti awalan dengan kode negara. Misalnya 08383583252 menjadi 628383583252 (tanpa tanda +), jadi hasilnya adalah https://wa.me/628383583252.

Selesai.

Oleh karena itu, ketika orang lain mengklik atau membuka tautan tersebut, maka secara otomatis mereka akan diarahkan untuk membuka aplikasi WhatsApp di tampilan chat ke nomor di atas.

2. Buat kode batang WhatsApp

Setelah Anda memiliki tautan WhatsApp, Anda dapat memulai tutorial utama, yaitu membuat barcode WhatsApp yang terhubung langsung ke nomor Anda. Ikuti cara-cara berikut:

Instal aplikasi pembuat kode batang

Langkah pertama download dan install barcode generator di playstore.

Buka aplikasi pembuat kode batang

Setelah pengunduhan dan penginstalan selesai, buka aplikasinya.

Tambahkan kode QR

Untuk menambahkan barcode baru, klik tanda plus (+) di pojok kanan bawah > Add code > QR code > URL. Maka hasilnya akan seperti ini:

Masukkan tautan WhatsApp

Copy paste link WA yang Anda buat ke kolom yang tersedia. Isi juga deskripsi kode dan label sebagai namanya, jika Anda membuat barcode dari banyak tautan di lain waktu.

Ekspor kode batang

Klik tanda centang di pojok kanan atas. Aplikasi akan secara otomatis menampilkan kode batang tautan WhatsApp yang Anda buat sebelumnya. Di sudut kanan atas, klik ikon kartu SD untuk menyimpan kode batang sebagai gambar. Kemudian klik Ekspor. Maka barcode Anda akan tampak seperti ini.

Kemudian Anda dapat menyimpan barcode WhatsApp yang Anda buat berbentuk format .png atau .jpg. Terserah Anda mau pilih yang mana.

Selesai.

Sekarang, tautan WhatsApp yang Anda buat sebelumnya telah menjadi kode batang, yang dapat ditempelkan di poster, kartu nama, undangan, dll.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *